Budi Raharjo: the guest lecture.

Budi Raharjo
Kuliah hari ini pada kelas Creativity and Innovation, ada dosen tamu yang dating yaitu Bapak Budi Raharjo. Beliau adalah dosen teknik elektro ITB dan seorang entrepreneur digital business.
Awal yang menarik adalah saat tiba-tiba Pak Budi mengatakan bahwa ada 3 tahapan yang sangat berpengaruh pada dirinya, yaitu globalisasi 3.3:
• Versi 1.0: zaman dahulu dimana masyarakat hanya mementingkan kewarganegaraan
• Version 2.0: zaman globalisasi multinational companies dimana mereka hanya mementingkan nama baik perusahaan
• Version 3.3: version 3.0 yang dimodifikasi yaitu dimana kita menjadi diri kita sendiri adalah hal yang terpenting. Bagaimana kita membawa diri kita sendiri, bukan dari mana asal dan kapan kita hidup.
Pak Budi Raharjo adalah seorang hacker, namun bukan hacker-hacker yang biasa kita kenal beritanya yaitu yang melakukan kriminalitas dengan melakukan banyak pembajakan. Bukan itu, tapi Pak Budi adalah seorang hacker yang melakukan hal positif yaitu dengan mencari tindakan kriminal yang hendak terjadi/terjadi di dalam dunia digital atau yang sering kita sebut dengan dunia maya ini.
Keunikan yang dimilikinya adalah Pak Budi merupak seorang entrepreneur sejati. Mengapa demikian? Karena Pak Budi tidak pernah melamar pekerjaan ataupun mencari investor. Pak Budi menciptakan bisnis berdasarkan kekreatifan dan keinovasian yang dimilikinya dengan mengedepankan passionnya yang ada di bidang digital. Dengan itu, banyak investor yang malah menawarkan untuk berinvestasi di bisnis Pak Budi. Betapa enaknya bukan?

Selain itu, Pak Budi juga bercerita tentang orang-orang sekitarnya. Salah satunya adalah orang yang mengalami kegagalan. Beliau menceritakan bahwa belum banyak orang yang bisa mengedepankan keinginan yang ada di dalam dirinya karena mereka takut dengan apa yang akan mereka terima dari lingkungan (orang sekitarnya). Hal tersebutlah yang membuat banyak orang gagal dan tidak dapat bangkit kembali. Kebudayaan seperti ini masih sangat melekat di Indonesia. Maka dari itu, Pak Budi mengatakan bahwa pentingnya untuk memiliki kepedulian yang tinggi terhadap diri sendiri, menajdi diri sendiri, mengedepankan kemauan diri sendiri, dan juga ditambah dengan passion yang dimiliki. Dengan memiliki modal itu semua, maka orang-orang akan menjadi maju dan berubah menjadi lebih positif.

Dari kuliah ini, kita dapat menyimpulkan bahwa betapa pentingnya peduli terhadap diri sendiri dan pentingnya melakukan impian berdasarkan passion yang kita miliki. Lalu, untuk mengetahui hal-hal lain tentang Pak Budi, kita dapat melihat di websitenya, yaitu http://www.gbt.blogspot.com dan http://www.rahard.wordpress.

About laprincessebelle

a young lady, in love with french & the beauty of old english poets. loving disney, fairy tale, princess♡♥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: